Taman Asri di Beranda Belakang dengan Rumah yang Dilengkapi Genset

Taman Asri di Beranda Belakang dengan Rumah yang Dilengkapi Genset. Harga genset murah bisa didapatkan melalui Distributor Jual genset Jakarta resmi yang memberikan potongan harga yang bisa dinegosiasikan.

Jika tersedia lahan yang cukup lapang di halaman belakang, manfaatkanlah sebaik-baiknya untuk taman. Taman yang diisi berbagai tanaman akan terlihat sejuk dan asri. Suasana alam seperti inilah yang diyakini oleh pemilik rumah ini menjadi terapi yang baik bagi kesehatan. Erly Lidjaya, pemilik rumah di kawasan Serpong menyadari bahwa rumah tanpa tanaman hijau akan terlihat kaku dan gersang. Dibandingkan taman di depan rumah, Erly lebih menyukai taman yang terletak di beranda belakang rumahnya untuk rileks menikmati alam.

Taman ini bisa dilihat dari dalam rumah yaitu dari ruang makan, dapur, dan ruang keluarga. Itulah sebabnya ia menatanya sebaik mungkin dan sengaja dibuat tidak terlalu rimbun oleh tanaman. “Supaya taman tetap terlihat lapang namun tetap ada kesejukan ketika memandangnya,” tutur Erly beralasan. Semua tanaman ditanam di pinggir sehingga menyisakan area kosong di bagian tengahnya. Taman ini pun semakin terkesan memperluas rumah karena ada kesatuan suasana alami antara ruang dalam, teras, dan halaman belakang.

Tanaman Berdaun Indah

Untuk menghijaukan suasana, pemilik rumah lebih memilih tanaman yang berdaun indah daripada jenis tanaman berbunga. Karena, menurut Erly, tanaman bunga akan menyisakan tangkai bunga yang layu yang kecokelatan yang tidak sedap dipandang. Tangkai dan kuntum bunga yang layu harus rajin dibuang untuk merangsang tumbuhnya bunga baru. Masalahnya, ia merasa kurang bisa merawatnya sehingga ia memilih tanaman berdaun indah.

Setiap lekuk daunnya terlihat artistik, seperti contohnya siklok, adenium, palem, philodendron, dan fitoi. Perbedaan bentuk daun dari berbagai tanaman juga menyajikan komposisi bentuk yang menawan. Di taman ini hanya ada satu jenis tanaman berbunga, yaitu kamboja cendana. Ini dipilih sebagai tanaman peneduh karena daunnya rimbun dan jika daunnya tanggal ia cepat tumbuh kembali. Kuntum bunga kamboja yang berjatuhan menaburi taman juga menambah keindahan taman.

Dilengkapi Gazebo

Taman di belakang rumah ini juga dilengkapi dengan gazebo yang di bawahnya ada kolam ikan. Dari gazebo inilah pemilik rumah biasanya menikmati keindahan puluhan koi yang mengisi kolam. Sepulang bekerja, pemilik rumah melintasi jalan setapak menuju gazebo untuk memberi makan koi kesayangannya. “Memberi makan koi ini seperti ritual penghilang stres setelah menembus kemacetan di jalanan,” tutur Erly yang berkantor di daerah Kota, Jakarta Barat. Untuk menjaga taman agar tidak rusak dan tetap asri, disediakan jalan setapak yang menjangkau ke beberapa area. Jalan setapak ini selain untuk jalur sirkulasi orang menuju gudang dan area servis, juga agar tidak mengganggu tumbuhnya rumput gajah mini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *