Rumput Taman Mengapa Gundul atau Botak?

Meskipun telah dirawat dengan sebaik mungkin, akan tetapi tak jarang rumput di taman nampak masih gundul atau botak. Mengapa bisa terjadi demikian? Sejuk dan segar, itulah yang terasa jika memandang rumput hijau di halaman rumah Rumput menjadi “alas” taman untuk dipadukan dengan berbagai tanaman dalam satu konsep lansekap.

Baca juga : Jual Genset Bali

Jika tanpa ditambah dengan tanaman lain pun, taman yang hanya dihijaukan oleh rumput tetap mampu memberi kesegaran, baik di taman depan maupun di belakang rumah. Ketika menanam rumput pada sebuah taman, pertimbangkanlah aktivitas yang akan dilakukan di atasnya. Perhatikan pula posisinya di taman tersebut. karena itulah sebab yang menjadikan rumput dapat tumbuh dengan lebat dan hijau.

Sebaliknya, jika kurang terawat dan keliru menanamnya, maka rumput di taman Anda akan terlihat gundul atau botak. Harus Terkena Sinar Matahari Menanam rumput tidaklah sulit. Walau demikian Anda perlu tahu cara merawatnya. Kebanyakan orang merasa sudah cukup dengan menyiramnya secara rutin. Sebenarnya bukan sekadar disiram. Karena , walaupun telah disiram, bisa saja terjadi area tertentu, mengalami pertumbuhan yang tidak selebat di area lainnya, dengan begitu terlihat botak dan di area lainnya nampak gundul.

Menurut David Ichwanudin, pemilik DF Lanscape and Design yang ditemui di Rawa Belong, Jakarta Barat, rumput gundul atau botak karena tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup. Mungkin posisinya yang terhalang oleh pohon yang besar dan lebat, atau karena posisinya dekat dinding atau bangunan tinggi yang memetakan bayangannya di sekitar rerumputan tersebut. Ini mengakibatkan sinar matahari tidak bisa sempurna ditangkap oleh rumput.

“Jika kurang mendapatkan sinar matahari maka tidak bisa maksimal pula pertumbuhannya atau “kalah” jika dibandingkan dengan rumput yang terkena matahari,” kata David menjelaskan. Itulah sebabnya, rumput yang berada di area teduh ini sering terlihat gundul atau botak. Jalan keluarnya adalah area tersebut jangan ditanami rumput lagi. Gantilah dengan jenis tanaman lain yang lebih cocok untuk area teduh.

Cara lainnya, area teduh tersebut dimanfaatkan untuk jalan setapak dengan memasang stepping stone atau batu pijakan berupa batu alam atau koral yang menarik yang sekaligus berfungsi sebagai penghias taman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *