Rumput Taman Mengapa Gundul atau Botak? Bagian 2

Jangan Terlalu Sering Diinjak Rumput yang tumbuh baik, daunnya tidak mudah rusak ketika diinjak. Namun jika terlalu sering diinjak, lama kelamaan akan menyebabkan botak atau gundul. Oleh sebab itu, adanya jalan setapak pada tempat-tempat tertentu akan menyelamatkannya dari kebotakan. Jalan setapak sebagai jalur sirkulasi orang ketika melewatinya atau ketika menyirami taman.

Baca juga : Jual Genset Surabaya

Perawatan Rutin

Perawatan rumput gajah dan rumput jepang sama saja, tidak ada yang spesifi k. Pada awal penanaman , sekitar 2 bulan setelah tanam, rumput harus disiram terus menerus pada malam hari. Jika akar sudah masuk ke tanah, secara rutin disiram air, disiangi, dan dipupuk. Ada dua jenis pupuk untuk rumput, yaitu NPK untuk menambah kesuburan dan pupuk urea yang akan mempercepat pertumbuhannya. “Tapi perlu diperhatikan, rumput yang baru ditanam kurang dari 2 bulan belum bisa diberi pupuk, karena akarnya belum masuk sempurna ke dalam tanah,” kata David mengingatkan.

Pemotongan secara berkala juga harus dilakukan, yaitu 2 bulan sekali untuk rumput gajah atau 3 bulan sekali untuk rumput jepang agar regenerasi daun bisa sempurna. Daun muda selalu tumbuh dan rumput akan kelihatan lebih segar dan hijau. Pastikan juga rumput tidak terganggu oleh gangguan rumput liar atau serangga, misalnya semut dan ulat.

Jenis Rumput

Sebelum menentukan pilihan, sebaiknya kenali dahulu jenis rumput yang sesuai keinginan Anda. Menurut David, secara umum ada 2 jenis varietas rumput, yaitu rumput gajah dan rumput jepang. Untuk rumput gajah sendiri terdiri dari 2 jenis, yaitu rumput gajah biasa dan rumput gajah mini.

Sedangkan untuk varietas rumput jepang ada beberapa jenis, yaitu rumput swiss, rumput manila, dan rumput golf. Rumput gajah daunnya besar, lebar, dan agak keras, dan biasa ditanam di tempat umum. Rumput gajah mini daunnya lebih kecil dibanding gajah biasa dan ujungnya membulat, kerap ditanam di halaman rumah. Sedangkan rumput jepang berdaun panjang, kecilkecil, dan lembut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *