Rumah Beratap Beton

Mohon saran dan bantuan terkait rencana saya ingin membangun rumah tipe 36 di atas tanah seluas 81m2 menjadi 2 lantai atau lebih. Adapun ukuran tanahnya yaitu 9m x 9m menghadap selatan. Di depan tanah tersebut (sisi selatan) adalah jalan umum selebar 3m. Sedangkan di belakang tanah tersebut (sisi utara) adalah rumah tetangga yang bertingkat 2. Ruangan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut. – Carport untuk 2 mobil – Ruang tidur 4 buah – Ruang pembantu – WC dan kamar mandi – Jemuran dan area cuci – Ruang tamu – Ruang makan – Dapur – Taman (memanjang atau melebar)

Baca juga : Harga Genset Yanmar

Saya berencana untuk membangun dengan konsep rumah tumbuh. Selain itu saya ingin rumah tidak menggunakan atap genting atau sejenisnya, namun lebih menyerupai atap sekaligus lantai (model ruko). Harapan saya, di lantai paling atas, bisa digunakan sebagai tempat bersantai/berolah raga/ramah tamah sambil memandang sekeliling. Saya berencana menggunakan keramik beton sebagai pengganti cor-coran beton untuk setiap lantainya. Bata hanya digunakan untuk dinding luar, sedangkan setiap bentuk bangunan di dalam (sekat-sekat ruang interior) akan memakai gipsum. Dengan demikian saya berharap bisa efsiensi biaya. Bagaimana menurut Pak Wijoyo? Terima kasih atas bantuannya.

Di sini saya meletakkan area servis berada di bagian depan rumah, dengan pertimbangan bahwa ruang pembantu akan terpisah dengan ruang utama. Di samping itu, dapat memudahkan pembantu ketika harus membukakan pintu pagar apabila Anda pulang. Namun tidak menutup kemungkinan untuk meletakkan area servis ini di lantai 3, apabila Anda memiliki konsep pembantu adalah bagian dari keluarga juga. Caranya adalah dengan menjadikan area cuci sebagai kamar mandi, dan sebagian area jemur dibuat sebagai ruang tidur pembantu.

Dengan demikian nantinya atap beton seluruhnya dapat menjadi sebuah taman atap atau roof garden yang dapat menjadi tempat rekreasi keluarga Anda. Di lantai dasar rumah Anda, Anda akan memiliki sebuah ruang keluarga terbuka, sekaligus sebagai ruang makan. Ada keterbatasan ruang karena sebagian dari tanah kaveling Anda telah terpakai sebagai carport untuk 2 mobil. Mengingat jalan di depan rumah Anda hanya selebar 3m, ada kemungkinan carport Anda harus lebih lebar dari 6m untuk keperluan manuver kendaraan.

Di lantai 2 rumah akan ada ruang tidur utama berikut kamar mandinya dan satu ruang tidur, sedangkan di lantai 3 akan ada dua ruang tidur dan ruang terbuka untuk area servis. Lantai atap beton, – di atas ruang-ruang tidur, – dapat Anda jadikan sebagai taman atap. Perlu diingat, apabila Anda akan membuat atap beton ini menjadi sebuah taman atau tempat rekreasi keluarga, Anda harus membuat atap dengan konstruksi khusus dan kedap air, karena atap ini akan menerima panas dan hujan, dengan perubahan suhu yang sangat ekstrem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *