Rencananya LG Meluncurkan Prosesor Nuclun

Lebih murah?

Dikutip dari Taipei Times, Soh Hyun-cheol (seorang analis dari Shinhan Investment Corp di Seoul) menyebutkan bahwa dengan strategi ini LG akan diuntungkan. Sebab ini berarti LG bisa menghemat biaya dan mempercepat waktu untuk mengantar produk baru ke pasar. Meski demikian, ibarat bermain dengan pedang, jika tak pandai-pandai bermain bisa jadi melukai diri sendiri alih-alih digunakan untuk memenangkan pertempuran.

Baca juga : Net89

Sebab, seperti disebutkan James Bruce, Lead Mobile Strategies ARM, ongkos riset untuk memanufaktur sendiri bisa jadi lebih mahal dari membeli dari pihak ketiga. Samsung yang sudah bereksperimen dengan Exynos sejak 2010 pun masih setengah hati menggunakan Exynos di semua lini produknya. Ia masih mengandalkan Snapdragon Qualcomm disebagian besar produk highend. Serta SoC milik Marvell dan Broadcom untuk varian ponsel dibawahnya.

Antisipasi

Samsung sudah memproduksi Exynos sejak 2010 untuk Galaxy S pertamanya. Meski demikian, Samsung seperti tidak percaya diri dengan prosesor buatannya ini. Produk ber-Exynos hanya diluncurkan di pasar tertentu. Ada yang hanya dipasarkan di Korea Selatan, ada juga yang dipasarkan bersamaan di negara tertentu. Hal terus dilakukan, bahkan di lini smartphone terbarunya, Samsung Galaxy S5.

Menanggapi hal ini, JK Shin (Co-CEO Samsung Electronics) menjelaskan bahwa ini merupakan bagian dari strategi Samsung, demikian seperti dikutip Cnet. Samsung tak ingin ketergantungannya pada SoC orang menghambat proses produksi dan distribusi perangkatnya. Sehingga pasokan smartphone Samsung tetap aman untuk memenuhi permintaan pasar yang tinggi di dunia, seperti diklaim Shin. Shin bahkan mengindahkan kenyataan bahwa dua SoC ini punya arsitektur berbeda.

Semisal untuk Exynos di SGS5, datang dengan delapan multicore. Sementara SGS5 dengan Snapdragon hanya memilki empat core. Banyak yang mempertanyakan perbandingan performa keduanya. Namun, Shin menjawab santai, “kami menyediakan prosesor yang bisa memberikan pengalaman pengguna yang serupa.

ARM merancang prosesor Cortex A-15 dengan konsep multicore big-LiTTLE. ARM memadukan antara core berdaya besar dengan core berdaya kecil untuk mengefektifkan kerja smartphone tanpa mengorbankan baterai. Apple A8, SoC 64-bit yang digadanggadang punya kemampuan desktop. Apple konsisten menggunakan 64-bit pada dua generasi prosesor terbarunya. Masih belum diketahui mengapa Apple mengadopsi sistem bit yang bagi sebagian orang masih terlalu dini diterapkan pada sebuah smart device.