Rahasia Sehat Buah Semangka

https://www.cantiknsehat.com/ – ┬áSiapa yang tidak mengenal buah berukuran besar ini? Dagingnya yang bertekstur lembut, manis, dan berair ini kerap memberikan sensasi menyegarkan ketika disantap. Terlepas dari sensasi di setiap gigitan, buah ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh anda. Dalam 100 gram semangka, anda bisa mendapatkan karbohidrat, protein, Vitamin a, Vitamin B1, B2, Vitamin C, kalsium, zat besi, dan beberapa nutrisi lain bagi tubuh (lihat tabel). Selain itu, buah yang berasal dari famili cucurbitaceae ini juga rendah kalori dan bebas lemak sehingga sangat mendukung program penurunan berat badan. Untuk lebih lengkapnya, simak beberapa manfaat semangka.

Baca juga : https://www.cantiknsehat.com/cara-mengecilkan-pori-pori-wajah-bekas-jerawat/

Menjaga tubuh dari dehidrasi.

Selain minum air, mengonsumsi semangka bisa menjadi opsi ideal untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Pada sebuah semangka, sekitar 92% kandungannya merupakan air dan elektrolit. kandungan ini lebih banyak dibanding jeruk (87%), apel (84%), maupun pisang (74%). Istimewanya, cairan dalam semangka bukan sekedar air bisa. Menurut penelitian yang dilakukan di University of Aberdeen Medical School, Inggris, air dalam semangka kaya akan gula alami, asam amino, dan beragam vitamin, seperti Vitamin B1, B2, Vitamin C, dan vitamin lainnya. Semuanya itu sangat mudah diserap oleh tubuh.

Baca juga : https://www.cantiknsehat.com/cara-menghilangkan-jerawat-pasir/

Mencegah kanker.

Salah satu penyebab munculnya kanker adalah radikal bebas yang merusak sel tubuh. Untuk menangkalnya, anda memerlukan elemen antioksidan yang kuat. kandungan likopen dalam semangka merupakan salah satu antioksidan kuat yang terbukti efektif melindungi sel-sel tubuh dan menangkal efek radikal bebas. Menurut penelitian dari American Institute for Cancer Research, likopen adalah salah satu nutrisi terbaik pencegah terjadinya kanker, utamanya kanker perut dan kanker prostat. Unsur antioksidan likopen dalam semangka dua kali lebih kuat dibanding Betakaroten (Provitamin a) dan sepuluh kali lipat dibanding Vitamin e. anda bisa mendapatkan kandungan likopen pada bagian tengah hingga ke pangkal maupun ujung buah semangka.

Menjaga kesehatan jantung.

Tak hanya untuk mencegah radikal bebas dan kanker, likopen dalam semangka juga terbukti bisa mencegah penyakit jantung. Salah satu penyebab sakit jantung adalah kolesterol LDL yang menumpuk di dinding arteri pembuluh darah dan menyebabkan penyumbatan arteri (aterosklerosis), sehingga memicu, serangan jantung koroner dan stroke. Menurut penelitian dari Purdue University di amerika, likopen akan berperan mengurangi kadar kolesterol LDL pada pembuluh darah, sehingga mencegah penyumbatan pada pembuluh darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *