Mengenal Tanda Lahir

  1. Tipe pigmen : Mole (Tahi lalat melanositik kongenital) Ditemukan pada bayi saat lahir, 15% terletak di daerah kepala dan leher, tetapi dapat terjadi di manapun pada tubuh. Muncul dengan warna cokelat muda pada orang berkulit putih, ham pir hitam pada orang berkulit gelap. Muncul dalam berbagai ukuran dan tidak teratur dalam bentuk.

Baca juga : Beasiswa S1 Jerman Full

  1. Café au lait Dapat terjadi di manapun pada tubuh, paling sering oval dan berwarna cokelat muda, atau kopi susu. Tanda lahir ini dapat hadir pada saat lahir, atau mun cul pada anak usia dini, dan tidak pudar dan dapat meregang dan menjadi lebih besar.
  2. Mongolian spot (dermal melano cytosis) Ini tanda lahir bawaan jinak datar dengan batas bergelombang dan ben tuknya tidak beraturan, yang paling umum didapatkan di antara orang Asia Timur dan orang-orang Turki (tidak ter masuk Turki di Asia Kecil), dan dinamai Mongolia. Biasanya menghilang tiga sampai lima tahun setelah kelahiran dan hampir selalu menghilang saat usia pubertas. Warna yang paling umum adalah biru, meskipun mereka bisa biru-abu-abu, biru-hitam atau cokelat tua.

B. Tipe pembuluh darah (vaskuler):

  1. Stork bite Disebut juga “gigitan bangau” atau “ciuman malaikat” atau “salmon patch”, muncul berwarna merah muda atau kecokelatan, datar, berbentuk tidak teratur tanda pada lutut, belakang leher, dan/ atau dahi, kelopak mata dan, kadang-kadang, bibir atas. Kulit tidak menebal dan terasa berbeda dari kulit lain di tubuh. Hampir setengah dari semua bayi memiliki tanda lahir ini. Akan hilang seiring bertambahnya umur, sebagian besar sudah tak terlihat di usia 1 tahun.
  2. Strawbery mark (hemangioma) adalah tumor jinak dari sel yang me lapisi pembuluh darah saat masa bayi (strawberry mark) yang biasanya akan menghilang saat usia 10 tahun (self-involusi) Ini biasanya muncul selama minggu minggu pertama kehidupan, pada bayi ini adalah tumor yang paling umum.
  3. Port-wine stain (nevus flammeus) Kadang kita sering keliru dengan straw berry mark, yang tampak pada saat lahir dan berwarna mulai dari merah muda pucat sampai seperti warna anggur me rah. Tidak teratur dalam penampil an, biasanya cukup besar. Seiring dengan waktu, noda port-wine bisa menjadi tebal atau menonjol dan tidak pudar. Mikhail Gorbachev (Port-wine stain) Berita baiknya, kebanyakan tanda lahir tidak berbahaya dan tidak memerlukan pengobatan. Tanda lahir tipe pigmen biasanya akan menghilang sendiri se iring bertambahnya usia. Tanda lahir tipe pembuluh darah (vaskuler) mung kin diperlukan untuk ditipiskan dihi langkan untuk alasan kosmetik, bisa dilakukan dengan disuntikkan steroid, laser dermatologis atau dengan operasi dermatologi.

Sumber : https://ausbildung.co.id/