Membongkar, 6 Fakta Sejarah Berlin Sebagai Ibukota Jerman

Berlin adalah ibukota Jerman dengan populasi sekitar 3,5 juta orang. Ini menjadikan Berlin sebagai kota terpadat di Jerman dan nomor 7 di Uni Eropa. Ibukota Jerman ini juga identik dengan museumnya, kehidupan malam, ruang terbuka, universitas, dan standar hidup yang tinggi.

Rekomendasi kursus bahasa Jerman di Jakarta

Saat ini Berlin menjadi salah satu pusat budaya paling terkenal di Eropa. Beragam budaya bisa hidup di Berlin dengan nyaman, dan ini sesuai dengan profil negara Jerman yang multikultural. Sejarah masa lalu yang penuh gejolak membentuk Berlin menjadi kota yang unik seperti yang kita lihat sekarang ini.

Membongkar, 6 Fakta Sejarah Berlin Sebagai Ibukota Jerman

Buat kalian yang ingin lebih mengenal kota ini, berikut ini Kami akan membongkar beberapa fakta-fakta yang mungkin belum kamu ketahui tentang sejarah kota Berlin yang mungkin belum Anda ketahui, diantaranya:

1.Keruntuhan tembok berlin

Runtuhnya tembok Berlin menjadi salah satu peristiwa terbesar dalam sejarah dunia. Tapi ini juga menyatukan dua daerah yang sebelumnya terpisah, yaitu Jerman Barat dan Jerman Timur. Tembok yang mulai dibangun pada tahun 1961 ini bertujuan untuk menghentikan warga Jerman Timur yang ingin pergi ke Jerman Barat.

Tanggal resmi runtuhnya tembok Berlin adalah pada 9 November 1989. Peristiwa ini juga membantu mengakhiri perang dingin dan Jermanpun bersatu lagi pada 3 Oktober 1990.

2.Perang Dunia II

Perang dunia II menyebabkan Berlin hancur. Banyak arsitektur kota yang rusak sehingga kota ini harus membangun kembali dari nol. Banyak yang menganggap kehancuran ini justru dianggap kesempatan menjadikan kota Berlin yang lebih modern.

Tapi Jerman timur saat itu tidak memiliki banyak uang untuk membangun kembali. Sehingga sisa-sisa perang bangunan berlubang akibat peluru masih terlihat sampai saat ini. Tapi bekas perang yang masih tersisa ini, saat ini justru menjadi pemandangan yang menarik. Banyak wisatawan berkunjung ke Berlin karena ingin melihat sisa-sisa Perang Dunia II.

3.Ich bin eine Berliner

Ich bin eine Berliner (saya orang Berlin) adalah kalimat terkenal yang diucapkan J.F Kennedy saat berkunjung ke Berlin Barat pada 26 Juni 1963. Saat itu orang-orang Berlin barat khawatir mereka akan diserang oleh Jerman Timur, sehingga pidato ini mampu menggembirakan mereka.

Kata-kata JFK diterima sangat positip oleh warga Berlin Barat. Untuk memperingati peristiwa ini, lapangan tempat JFK berpidato diberi nama John-F-Kennedy-Platz.

4.Gerbang Brandenburg

Gerbang dengan tinggi 26 meter ini merupakan salah satu ikon Berlin. Simbol kota ini dibangun pada tahun 1791 atas perintah Raja Frederick William II untuk mewakili persatuan dan perdamaian Eropa. Sepanjang sejarah, Gerbang Brandenburg telah digunakan dalam banyak kepentingan politik.

Napoleon menggunakannya untuk memanfaatkannya untuk pawai kemenangan. Sementara Nazi menggunakannya sebagai simbol partai. Brandenburg gate telah selamat dari Perang Dunia II dan saat ini menjadi salah satu monumen terpopuler di Eropa.

5.Kota tua Cölln

Pusat museum dan situs Berlin ada di kawasan yang saat ini dikenal dengan nama Museum Island. Tapi tahukah kamu kalau dulunya kawasan ini bernama Cölln (dibaca kœln). Dan bekas kota tua Cölln ini sejak 1999 telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia.

6.Hari persatuan Jerman

Orang Jerman tidak akan melupakan tanggal 9 November 1989. Tapi baru satu tahun kemudian, pada 3 Oktober 1990 proses penyatuan Jerman Barat dan Timur selesai. Jerman telah dipisahkan selama bertahun-tahun, baik secara ideologi maupun secara fisik dalam bentuk tembok Berlin.

Keluarga-keluarga terpisah, sahabat tidak bisa bertemu satu sama lain, bahkan seseorang bisa masuk daftar hitam kalau dianggap terlalu subversif. Sehingga penyatuan Jerman barat dan timur ini sering disebut sebagai simbol persatuan yang sejati.

Nah itu tadi 6 fakta sejarah Berlin sebagai ibukota Jerman. Dahulu Berlin memang memiliki masa lalu yang kelam, tapi sekarang ibu kota Jerman ini menjadi salah satu kota besar di dunia yang paling nyaman ditempati dan terbuka bagi siapa saja.

Sumber : https://westwoodprep.com/id/