Ikuti 4 Pantangan Cacar Air Agar Cepat Sembuh

Anda akan lebih mudah terkena cacar air dari keluarga bahkan orang yang tidak dikenal sekalipun.

Penularan virus ini bisa Anda dapatkan apabila Anda belum pernah menderita cacar air, belum divaksinasi untuk cacar air, bekerja di atau menghadiri sekolah atau fasilitas penitipan anak dan juga tinggal bersama anak-anak.

Kebanyakan orang yang pernah menderita cacar air atau telah divaksinasi cacar air kebal terhadap penyakit ini.

Jika Anda sudah divaksinasi dan masih terkena cacar air, gejalanya sering lebih ringan, dengan lecet yang lebih sedikit dan demam ringan atau tidak. Beberapa orang bisa terkena cacar air lebih dari satu kali, tetapi ini jarang terjadi.

Takut mengidap penyakit cacar air? Tenang saja pantangan cacar air berikut akan membantu Anda mempercepat penyembuhan. Simak selengkapnya.

Jika Anda atau anak Anda terkena penyakit cacar air maka jika ingin cepat sembuh dan tidak menularkan penyakit pada orang lain maka lakukan pantangan cacar air berikut ini:

1. Jangan garuk cacar

Pada saat Anda mengalami cacar air maka akan muncul bintil cacar yang berisi air. Pada saat menggaruk maka infeksi akan menyebar karena bintil yang berisi air akan pecah dan menyebar.

Bahkan jangan pernah menggaruk dengan tangan yang kotor akan membuat bakteri dan virus menyebar dengan sangat cepat.

2. Hindari pakaian ketat

Pada saat sakit cacar pakaian akan sangat menentukan kelembaban pada kulit. Menggunakan pakaian ketat adalah cara yang salah.

Terlebih Anda menggunakan pakaian yang tidak menyerap keringat seperti bahan sifon yang panas. Keringat dan kelembaban akan berkurang jika Anda menggunakan pakaian yang memiliki bahan katun dan longgar.

3. Hindari air dan angin

Karena mudahnya cirus cacar ini menular melalui air dan udara maka sebaiknya Anda menghindari keduanya. Air juga akan menambah iritasi pada luka cacar dan mengakibatkannya membekas.

Kebanyakan para penderita disarankan oleh dokter untuk tidak mandi atau mandi menggunakan air hangat dan obat khusus yang dicampurkan ke air. Untuk menghindari angin, jangan pergi sembarangan jika Anda bekerja atau sekolah sebaiknya ambil libur dan istirahat di rumah.

4. Hindari bertemu banyak orang

Ketika Anda mengambil libur maka akan banyak teman yang menjenguk. Sebaiknya hindari mereka dan jangan sering bertemu banyak orang. Jika teman atau saudara ingin menjenguk pastikan bahwa Anda telah lebih baik dari virus dan lebih sehat untuk berkegiatan.

Pantangan tidak hanya pada udara, air dan pakaian Anda juga perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Hindari produk susu, makanan yang berbau amis, makanan cepat saji, pedasn asin, asam, kopi, bahkan coklat dan semua makanan yang diolah dari gandum atau tempung. Pantangan cacar air ini perlu Anda perhatikan agar bisa segara cepat sembuh.