5 Menu Nasi Box Sederhana

Sofistika.co – Pemilihan menu nasi box Jakarta terkadang masih dianggap sepele, karena kebanyakan orang berpikir bahwa semua menu tersebut sama saja. Pola pikir itu ternyata salah besar.

Karena pemilihan menu untuk nasi kotak sangatlah penting. Contohnya saja jika acara yang kita gelar mengundang banyak anak kecil, tentunya akan lebih cocok jika memesan menu nasi kotak yang tidak terlalu pedas. 

Oleh karena itu, pemilihan menu nasi box perlu menyesuaikan dengan tamu yang akan datang. Perhatikanlah usia para tamu, karena akan terasa kurang cocok jika anda menyajikan menu daging kepada tamu yang sudah lanjut usia. 

Lalu ada berapa macam menu nasi kotak?

nasi box jakarta

Ternyata ada beragam menu yang tersedia. Mulai dari yang paling sederhana seperti nasi dengan ayam goreng dan sayuran, sampai menu yang lumayan komplit dengan daging, sayur,  dan buah-buahan. Selain itu ada juga menu khas daerah seperti menu urap sayuran khas Jawa atau dengan rendang khas Padang. 

Anda bisa menyimak daftar dibawah ini untuk mengetahui beberapa menu nasi kotakan sederhana yang cocok disajikan di acara anda.

  1. Menu Minimalis

Menu yang pertama ini adalah menu paling sederhana untuk nasi box, karena ia hanya terdiri dari tiga lauk saja. Biasanya untuk pilihan lauknya bisa berupa telur balado atau ayam goreng, mie goreng, dan orek tempe atau tumisan sederhana. 

Menu ini cocok dipesan jika anda  ingin menyelenggarakan acara yang mengundang banyak orang. Sebab menu ini lumayan murah, anda bisa mendapatkan paket menu ini seharga kurang lebih 15 ribu saja. Tetapi menu ini sangat tidak disarankan untuk acara keluarga karena kurang berkesan dan menunya yang umum dengan tiga lauk saja.

  1. Menu Nasi Kuning

Menu nasi kotakan sederhana yang kedua adalah menu nasi kuning. Menu ini terdiri dari lauk yang biasanya ada di nasi kuning seperti orek tempe, kentang balado, teri kacang, telur dadar dan bisa pula ditambahkan dengan ayam bakar.

Menu ini akan cocok dengan acara yang diselenggarakan pada pagi hari, mengingat nasi kuning biasa disantap sebagai sarapan. Selain itu, menu ini juga cocok dengan acara yang dibuat di sekolah maupun kantor mengingat menunya yang bisa diterima hampir semua orang.

  1. Menu Khas Padang

Kemudian ada menu nasi kotak khas padang. Menu ini biasanya berisi lauk khas padang dan biasanya bercita rasa pedas. Lauk yang biasanya disajikan adalah ayam atau daging rendang, kering kentang, tumis tahu, sambal hijau dan timun.

Sebagaimana nasi padang yang biasa dimakan saat siang hari, menu ini juga seperti itu. Dengan lauk-lauk yang berasa pedas akan membuat para tamu anda kembali merasa segar setelah seharian beraktivitas. Tetapi menu ini akan kurang cocok jika disajikan pada acara yang mengundang anak kecil ataupun orang lanjut usia sebab rasa pedas dan penggunaan daging serta santan yang terkadang kurang cocok untuk mereka.

  1. Menu Khas Jawa

Selanjutnya ada menu khas Jawa. Menu ini biasanya didominasi oleh sayuran seperti sayur asem, urap, dan tumis. Selain itu, untuk lauknya bisa menggunakan ayam bakar, telur dadar lalu dilengkapi dengan sedikit sambal dan lalapan timun. Jangan lupa tambahan tempe ataupun tahu goreng yang bisa menambah kelezatan menu nasi kotak anda.

Menu ini cocok dihidangkan untuk acara yang mengundang banyak orang tua karena penggunaan sayuran yang mendominasi susunan menunya. Selain itu, cita rasa menu ini tidak terlalu pedas seperti menu khas padang dan jarang menggunakan santan yang terkadang dihindari oleh orang lanjut usia. 

  1. Menu Nasi Liwet

Untuk anda yang tertarik dengan masakan khas Sunda, anda bisa mencoba menu nasi liwet untuk acara anda. Menu ini biasanya terdiri dari tumis teri dan petai, ayam goreng lengkuas, tempe goreng tepung, lalapan, sambal bajak serta kerupuk. 

Karena cita rasanya yang khas Sunda anda bisa menghidangkan menu ini pada acara yang mengundang kerabat ataupun teman dari sana. Selain itu anda juga bisa menyajikan menu ini pada anak kecil dan orang tua sebab susunan menunya yang masih didominasi sayuran seperti menu khas Jawa.